Dasar Pengetahuan Tentang Cakra

Menyambung dari postingan saya yang terdahulu tentang Cakra. Maka dipostingan kali ini, saya akan membahas tentang cakra lebih luas lagi, akan tetapi masih menyangkut hal-hal paling mendasar dari Cakra.
Jika pada artikel yang terdahulu, saya hanya menyajikan beberapa jenis cakra saja, di artikel ini kita akan membahas ke 7 jenis cakra.

Asal Mula kata Cakra
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, disebutkan jika cakra adalah roda atau besi bundar, pipih, dan tajam (untuk senjata) atau bisa disebut sebagai nama senjata sakti Dewa Wisnu yg berupa panah dengan mata senjata yang bulat seperti roda bergerigi yang dapat mengakhiri segala yang hidup (dalam pewayangan). Kata Cakra memang berasal dari Agama Hindu.
Sebenarnya ada banyak sekali jumlah cakra, yaitu sekitar 40.000 - 72.000 cakra. Akan tetapi, cakra-caka tersebut merupakan cakra kecil. Sedangkan Cakra utama ada 7, yaitu :


1. Cakra dasar
Letaknya di ujung tulang ekor. Cakra ini berfungsi sebagai penopang kehidupan. Jika cakra ini terganggu tubuh akan mengalami gangguan pada tulang dan otot. Jadi kalo kita sedang sakit pinggang, rematik, encok, darah tinggi,dll berarti cakra ini sedang terganggu. Caka ini, sering dikaitkan dengan sumbe Energi lain yaitu Kundalini.

2. Cakra perut/pusar
Letaknya ada di pusar kita. Cakra ini berfungsi sebagai pengendali gairah sexual kita. Penyakit yang bersumber pada terganggunya cakra ini; kemandulan impotensi, infeksi saluran kemih dan pembesaran prostat.

3. Cakra ulu hati/ solar plexus
Letaknya di bagian kosong antara tulang rusuk dan ulu hati dalam sumber lain menyatakan letaknya disekitar Pankreas. Berfungsi sebagai pusat emosi,seperti berani,marah, benci dan sakit hati. Juga berfungsi sebagai pengendali sistem pencernaan.

4. Cakra jantung
Letaknya disekitar jantung. Sebagai pengendali sistem kerja jantung dan paru2. Berfungsi sebagai pengendali emosi halus,rasa cinta kasih / welas asih terhadap sesama, kedamaian, kegembiraan ,kesopanan,keramahan, dan hati nurani.

5. Cakra tenggorokan
Cakra ini sebagai pusat energi yang mengekpresikan pemikiran,perasaan dan keinginan. Jika cakra ini kuat, orang akan teguh pada pendiriannya. Kalo ya-ya, kalo tidak-tidak. jika cakra ini keruh dan lemah orang akan cenderung plin plan dan minder. Tampaknya Presiden pertama RI yaitu pak Soekarno memiliki Cakra tenggorokan yang cukup baik.

6. Cakra ajna
Letaknya di tengah antara kedua alis, cakra ajna dibedakan menjadi Ajna Depan an Ajna Belakang. Berfungsi sebagai mata ketiga. Jika cakra ini bersih maka orang akan memiliki kebijaksanaan yang tinggi dan indera ke 6 yang tajam. Jika cakra ini terganggu orang akan mempunyai penyakit mata, telinga, hidung,malfungsi kelenjar endokrin dan gampang pingsan/kesurupan.

7. Cakra mahkota
Letaknya beberapa depa diatas ubun2. Cakra ini berfungsi sebagai pintu gerbang antara manusia dengan sang pencipta. Kalo cakra ini bersih dari kekeruhan aura maka orang akan memiliki tingkat pencerahan rohani yang tinggi [orang suci]. Cakra ini yang memberi energi pada otak, sistem saraf, dan keseimbangan otak kiri-kanan. penyakit2 yang berhubungan dengan saraf diakibatkan karena menumpuknya kotoran pada cakra ini ; stres, gila, dll.

Sesuai dengan penjelasan diatas, sesungguhnya cakra pada manusia berfungsi sebagai pengendali Energi yang akan mempengaruhi sifat dan fisik dari Manusia. Penggunaan cakra berkenaan dengan pengolahan Energi alam, meski terdapat beberapa pengolahan energi Ketuhanan.

0 Response to "Dasar Pengetahuan Tentang Cakra"

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme